Rabu, 12 Desember 2007

The city: Pontianak - The Food: Ubber Fantastic!! (Part 1)

Pontianak, kampung halaman saya yang terletak di Pulau Kalimantan bagian barat(ya iyalah..masak kalo di timur, namanya tetap Kalimantan Barat?). Banyak yang mengatakan kalau di Pontianak itu tempat makanan enak…terutama untuk Chinese food-nya…well it’s true darling!!! It’s so true!!

Apa yang kiranya worth to try di Pontianak? Well worry no more my friends…petunjuk dibawah ini akan sangat membantu saudara-saudara setanah air sebangsa dan senegara apabila berkunjung ke Pontianak;
1. Roti Cane (Location : Jln Juanda)

Hello beautiful, itu adalah sapaan saya terhadap roti canenya yang sangat crispy dan tidak terlalu oily dengan kari ayam(karinya ada beberapa pilihan- kari daging sapi, kari telur dan kari ayam).




Rasa kari yang sangat khas melayu, tidak terlalu pekat seperti kari India dan juga dengan spice yang pas menurut saya...dituangkan diatas roti kari yang crispy...mmmmmmm benar-benar blessing. Untuk informasi warung kari ini buka hanya dari pukul 7 pagi sampai kira-kira jam 3 sore. Tapi saya rekomendasikan untuk mencoba roti kari ini sebagai sarapan, karena....well no particular reason, hanya it's just so damn right!!!



2. Pecal Mie/Gado-gado seroja (Jl. Seroja)








Mungkin banyak teman-teman yang heran...tapi untuk beberapa orang memang menyebut makanan ini pecal mie..dan sebagian lagi menyebutnya gado-gado. enough with the discussion on the name. saya akan jelaskan isinya, isi dari pecal mie/gado-gado ini tidak seperti gado-gado or pecel(pecal) umumnya yang biasa kita temui di tempat lain.

Ok isi dari pecal/gado-gado ini adalah:

Bayam rebus, jantung pisang(yummm), selada segar yang masih hijau menggoda, tauge(optional buat yang membenci tauge seperti saya), irisan mentimun, irisan tahu, dan mie or bihun (optional) dan tentu saja dengan emping yang sangat royal...lalu disiram dengan bumbu kacang yang dicampur dengan ebi....lalu dikucur dengan jeruk....slurrrrpppppppppp


oh ya.. teman-teman boleh kok minta emping terus disiram dengan bumbu kacang+ebinya itu..rasanya...so so so gooooooooooooodddddddddd.... segar guys!!! dan jangan lupa dengan sambalnya yang menurut saya(bukan pecinta sambal) adalah sangat...sangat...sangat pas sekali dengan si gado-gado/pecal ini
3. Sate ayam Antasari (Jl. Antasari)








Sate ayam ini tidak seperti sate ayam yang biasanya kita temui, yaitu sate ayam dengan bumbu/saus kacang, kalau di Pontianak...sate ayam ini tidak ditemani oleh saus kacang, tetapi oleh kuah kacang, lho? well, sausnya sangat encer sehingga seperti kuah dan juga dengan disiram dengan jeruk. Hasilnya...sate ayam yang sangat enak diiringi oleh rasa segar dari jeruk dan kuah kacang yang sangat pas sekali.






4. Kwe Tiau Kere/KCKT (Jl. Setiabudi)
Yap..sounds funny? well tidak akan kalau sudah dicoba, bayangkan saja dengan kecap special, bawang putih, dan telur saja...kwe tiau ini sudah mouth watering..tidak ada daging sapi or ayam or sea food.
















Rasanya sudah sangat heavenly, mungkin keharuman aromanya ditambah dengan dimasaknya i kwe tiau ini diatas arang....pokoknya sekali coba pasti cari terus...ketagihan dude!!!!

5. Chai Kue+Ko Kue dan es Kacang Merah (Location: Jl. Gajahmada-samping Yayasan Halim)
Jajanan favourite kalau pulang dari kantor (pas dulu masih di Pontianak), biasa bareng ama teman-teman duduk di warung pinggir jalan n menikmati cai kue ini…ada yang isi bengkuang(sengkuang),keladi, kacang ijo, and kucai…dengan rasa kenyal…dan dikasih sedikit sambal yang kaya akan rasa bawang putihnya..what more can go wrong?









Selain dari itu, kakilima ini juga menyediakan Ko kue, apa itu Ko kue? well, ko kue itu berbentuk seperti kue talam, terbuat dari tepung beras dan biasanya dicampur dengan kucai or keladi, digoreng lagi dengan kecap...seperti terlihat digambar...rasanya...wuihhhhhh enak banget...hampir sama dengan Chai Kue....cuman lebih padat, dan pastinya lebih cepat kenyang dong!!!

Yang harus dicoba juga di tempat yang sama adalah, es kacang merahnya yang sangat segar...sangat pas sekali dengan makanan-makanan yang sudah disebutkan...Overall tempat ini selalu dan wajib menjadi tempat ngumpul saya dan teman-teman kalau sedang berada di Pontianak.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Hahahaha! itu mah udah aku cobain smuanya kecuali yg sate blum sempat! kan aku nyoba itu smua yg ama mbk, lgpl gajahmada dan sekitarnya kan daerah jajahan ku (emang jaman kolonial?!). aku hanya bisa bilang makanan d gajahmada SUPERBLY DELICIOUS jgn ditanya seberapa lezatnya tp emang lezat sekali......very highly recommended deh makan d seluruh pontianak. enak buanget, percayalah ama review diatas. hehehe.

Esa mengatakan...

Chai Kue itu kayany aenak banget ya... ngiler

Anonim mengatakan...

nyummi....yang paling enak yang mana ta? bekso ikan ajha ahh..

Dee mengatakan...

aku yang mana ya...bakso ikan ajha ahh